Entri Populer

Senin, 29 Oktober 2012

Kiat Jitu Management Stress, Emosi dan Nervous pada Sidang Pendadaran.

Buka-buka album,,,nemu koleksi ini di Hp..Teringat saat siang itu (20 April 2012) tepat pukul 14.00 WIB saya disidang..Eiittzz bukan karena saya melakukan kesalahan terus dihukum ya..Hehe ini adalah sidang pendadaran skripsi saya sebagai salah satu syarat kelulusan di tiap Universitas.


Kata kebanyakan orang,,sidang pendadaran adalah momok yang paling mengerikan dalam dunia perkuliahan. Karena pada 1 hari itu nasib perkuliahan kita selama 3-4 tahun dipertaruhkan. Ini juga menjadi ajang pembuktian akan tingkat pemahaman, prestasi dan pembelajaran kita tentang materi yang diberikan pada tiap semesternya. Tak terkecuali saya,,seminggu sebelum pendadaran perasaan saya kacau bukan main, emosi yang tidak terkontrol dan hawa males yang berlebihan. Boro-boro mau belajar mempersiapkan diri untuk "dibantai",,wong mau buka laptop aja rasanya udah kebayang betapa ngerinya sidang itu,,hehe.. Tapi H-3 saya mulai tersadar dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Saya gunakan trik saya untuk me-manage stress dan emosi serta nervous yang tidak terkontrol.

Ini dia sedikit trik yang selalu saya gunakan untuk melawan stress dan nervous yang berlebihan. Sering saya gunakan pada setiap acara formal maupun semi formal (seperti presentasi di depan publik, menjadi MC acara resmi dan yap sidang pendadaran).
  1. Latihlah diri Anda dengan berpura-pura presentasi di depan audiens. Untuk melatih ini,,pergunakanlah cermin agar Anda terbiasa dalam membawakan presentasi Anda
  2.  Persiapkan apa yang akan Anda sampaikan di depan audiens. Pilih kata sesuai kondisi, misal jika akan sidang pendadaran maka pilihlah kata yang sopan dan terdidik. Gunakan kata-kata baku tentang bidang Anda, jangan gunakan kata-kata gaul!!
  3. Pelajari setiap bab pada laporan skripsi/tesis Anda. Jangan gunakan metode menghafal (copy-paste). Maksudnya jangan gunakan metode menghafal sama persis atau sama plek dengan apa yang ada dalam bab laporan Anda. Karena biasanya jika Anda menggunakan metode ini, konsentrasi Anda akan kacau jika ada salah satu kata atau bagian yang belum tersampaikan. Gunakan metode memahami dan kembangkan dengan kalimat Anda sendiri. Selain maksud dari kata atau bagian itu tidak hilang, konsentrasi Anda tidak pecah juga audiens akan semakin tertarik dengan jawaban yang Anda berikan
  4. Bayangkan Anda seperti berbicara dengan teman sepermainan Anda. Ini menimbulkan kesan santai dalam pikiran Anda. Jadi jangan terlalu serius agar konsentrasi Anda tidak pecah dalam menjawab setiap pertanyaan, hanya gara-gara pikiran Anda terlalu stress memikirkan sesuatu yang entah mungkin belum pasti terjadi. Tapi tetap perhatikan unsur serius!! Karena Anda sedang berbicara dengan orang yang sangat  penting,,seperti dosen atau bahkan rektor. Trik ini terbukti ampuh untuk saya
  5. Siapkan fisik dan mental. Jangan begadang atau tidur terlalu larut pada H-1 agar stamina dan otak Anda fresh
  6. Sarapan dulu biar gak pingsan..hehehe
  7. Finally berdo'a agar setiap jalan dimudahkan oleh-NYA dan minta do'a restu dari kedua orang tua dan orang-orang terdekat
Dengan menerapkan trik tersebut di atas, Alhamdulillah sidang saya siang itu berjalan dengan sangat amat lancar. 2 jam lebih saya di dalam ruang sidang tidak membuat saya basah kuyup apalagi pingsan..Hehehehe...Bahkan saking asyiknya menjawab setiap pertanyaan, jadi tidak terkesan bahwa saat itu saya sedang disidang dan gak nyangka ternyata sudah 2 jam lebih saya di dalam. Setiap pertanyaan dari kedua dosen penguji Alhamdulillah dapat saya jawab dengan baik, dan tentunya dengan hasil yang sangat memuaskan. Saya berhasil meraih point 83.2 (tanpa penambahan akumulatif dari SIG) dan 99.2 (dengan penambahan akumulatif dari SIG). Jika dikonversi ke huruf, itu artinya saya meraih nilai A..Horeeee,,,seneeeeeeeennnggg banged. Ketika saya bertanya pada dosen pembimbing saya tentang hasil nilai yang begitu tinggi, dosen saya hanya menjawab dengan gaya khas nya "Itu nilai murni, artinya tidak ada unsur katrol"..Alhamdulillah akhirnya saya dapat membuktikan kalau ternyata Sidang Pendadaran itu bukanlah sesuatu yang menyeramkan atau bahkan menakutkan.



Let's manage u'r stress ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar